Sejarah merupakan masa lalu dunia. Tanpa adanya sejarah, masa kini takkan pernah ada. Masa lalu sangat menentukan semua hal yang ada di masa kini. Bila masa lalu buruk, masa kini akan lebih buruk. Tetapi ada 10 negara yang menentukan sejarah dunia. Berikut negaranya :

Cina

Sejak zaman dahulu kala, Cina adalah negara yang sangat besar karena merekalah yang membangun pasukan dalam jumlah besar, meneliti teknologi baru, dan menciptakan tradisi yang luar biasa. Bahkan pada abad ke-19, Inggris dan Prancis menganggap Cina adalah negara adidaya ( Superpower ) pada saat itu. Bila tidak ada Cina, maka Amerika tidak akan pernah ditemukan dan peta dunia tak akan pernah dibuat juga orang tidak mengetahui mana arah barat dan mana arah timur. Mengapa ? Karena Cina adalah yang pertama kali membuat kompas sederhana dan melalui perdagangan, kompas yang sederhana itu akan sampai ke tangan orang barat dan dikembangkan sehingga Christophorus Columbus bisa melanjutkan ekpedisi ke Amerika. Dan tanpa Cina, kerajaan-kerajaan di Nusantara kan tidak berkembang karena kurangnya suplai yang dikirimkan oleh Dinasti Cina.

Yunani Kuno

Dari manakah ilmuwan zaman dahulu berasal ? Jawabannya yaitu Yunani. Aristoteles, Phytagoras, Archimedes, dan lain-lain merupakan ilmuwan yang berasal dari Yunani dan tanpa mereka, dunia akan kosong tanpa pengetahuan dan merekalah yag menjadi awal dari penelitian yang lebih lanjut. Yunani juga menyumbangkan banyak referensi yang menjadi pegangan bagi ilmuwan masa kini. Yunani dahulu kala juga merupakan negara yang besar tapi sayang, semuanya berubah ketika Romawi bangkit menjadi negara yang besar.

Romawi Kuno

Selanjutnya ialah Romawi. Dengan bala tentaranya yang besar, mereka menguasai seluruh Eropa dan Timur Tengah disamping Babilonia, Persia, dan Media. Romawi dikenal melakukan penyiksaan terhadap orang yang menentang dewa mereka seperti Gereja Awal Mula yang disiksa oleh Romawi dan hampir para murid-murid Isa Almasih yang membangun gereja itu dihukum mati oleh Romawi. Meskipun begitu, kerajaan Romawi yang menentukan sejarah dunia karena merekalah yang dikenal sebagai penguasa dunia saat itu ( kecuali Amerika dan Asia. )

Inggris

Setelah Romawi tumbang, Inggris mulai perlahan menggantikan posisi Romawi sebagai negara yang besar. Pertama kali dipimpin King Arthur, Inggris mengalahkan Romawi. Tetapi Inggris pernah menjadi milik Prancis untuk sementara karena takhta jatuh kepada William the Conqueror yang berasal dari Normandia, Prancis. Pada abad Renaisence, Inggris melakukan ekpedisi menuju timur dan juga barat yaitu ke Amerika. Inggris pernah mengalami ketakutan besar saat dipimpin oleh Elisabeth I karena Spanyol mengirimkan armada dalam jumlah besar ke Inggris kalau penyerangannya tersebut berhasil maka Dunia Baru akan terhenti dan Amerika Serikat takkan pernah muncul. Tetapi sebuah badai menghantam armada tersebut dan menggagalkan penyerangan tersebut. Inggris menjajah sebagian besar Asia, Afrika, dan Australia. Inggris menjajah Afrika, Hong Kong, Malaya, Singapura, Indonesia, India, Australia, dan Selandia Baru juga Oceania. Hal tersebut membaut Inggris menjadi negara yang kuat. Tetapi, Inggris pernah mengalami kemunduran saat Perang Koalisi melawan Prancis.

Prancis

Revolusi Prancis benar-benar menjadi awal Prancis menjadi negara terbesar. Rakyat marah akan Louis XVI yang hidup dalam kemewahan dan melakukan perlawanan sehingga Louis XIV dan keluarganya harus dipenggal gulloutine. Setelah berpindah-pindah tangan beberapa kali, muncullah Napoleon Bonaparte yang memimpin Prancis menuju masa kejayaan. Napoleon Bonaparte mengalahkan koalisi Inggris, Prusia, Austria, Belanda, dan Rusia menyebabkan banyak negara Eropa yang tunduk kepada Prancis. Prancis berusaha menyerang Rusia tetapi karena cuacanya yang dingin dan ketidaksiapan Prancis membuat Napoleon harus mundur dengan pasukan yang sudah sedikit, Saat itulah, Prancis mulai dikalahkan Koalisi dan akhirnya Napoleon Bonaparte dibuang.

Amerika Serikat

Setelah merdeka, Amerika Serikat belum dapat berbuat apa-apa karena masih berusia muda. Tapi Amerika mulai berkembang pada abad ke-19. Amerika melahirkan banyak ilmuwan seperti Alexander Graham Bell, Thomas Alfa Edison, Wright Bersaudara, dan lain-lain. Teknologi zaman sekarang merupakan bagian dari hasil penemuan ilmuwan Amerika Serikat. Amerika Serikat juga meruapakan negara yang sangat berperan pada Perang Dunia kedua sehingga setelah Blok Timur jatuh, Amerika Serikat menjadi negara adidaya sampai saat ini.

Jerman

Jerman menjadi oposisi yang menentang sekutu setelah dipimpin Adolf Hitler. Ia menyerang Prancis, Inggris, dan beberapa negara Eropa lainnya saat Perang Dunia ke-2. Tetapi, Adolf Hitler mengalami kemunduran saat tahun 1940-an. Dan pada akhirnya, Adolf Hitler bunuh diri di bunker ( meskipun ini masih menjadi misteri ) miliknya bersama istri yang baru dinikahinya. Jerman menjadi tempat penting dalam Perang Dingin dimana Jerman Barat dikuasai Amerika Serikat dan Sekutu sedangkan Jerman Timur dikuasai oleh Uni Soviet. Jerman bersatu kembali pada tahun 1990.

Jepang

Pada sekitar tahun 1940-an, Jepang haus akan kekuasaaan teritorial dan industri. Untuk mewujudkan cita-citanya, Jepang harus menyingkirkan saingan terbesarnya yaitu Amerika Serikat. Dengan begitu, Jepang mengirim pesawat tempur untuk memborbardir pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawaii. Setelah berhasil melemahkan Amerika Serikat, Jepang menguasai Myanmar, Filipina, Kamboja, Laos, Thailand, Malaya, Singapura, dan Indonesia. Dengan begitu di Asia Pasifik, Jepang menjadi negara yang bertanggung jawab. Pada tahun 1945, Hiroshima dan Nagasaki di bom atom oleh pihak sekutu menyebabkan Jepang menyerah kepada Sekutu. Jepang juga membuka jalan kepada Indonesia agar merdeka.

Portugis

Setelah Vasco da Gama menemukan Tanjung Harapan, Portugis mulai membuka jalan ke dunia timur. Portugis adalah negara pertama yang melakukan ekpedisi ke dunia timur dan pertama kali menginjakkan kaki sebagai bangsa asing di Nusantara. Dengan keberhasilan Portugis ke dunia Timur, negara-negara lainnya ikut melakukan ekpedisi diantaranya Spanyol, Inggris, Prancis, dan Belanda.

Indonesia

Indonesia juga merupakan negara yang penting. Kita seharusnya bangga karena Indonesia adalah negara yang penting. Pada sejak awal mula, Portugis, Spanyol, dan Belanda harus bersaing demi mendapatkan Nusantara. Pada akhirnya, Belanda keluar sebagai pemenang dan Portugis hanya menguasai Malaya dan Spanyol di Filipina. Sehabis Jepang meyerah kepada Sekutu, Indonesia merdeka selang beberapa hari membuat Indonesia adalah negara pertama yang merdeka setelah Perang Dunia kedua. Kemerdekaan Indonesia membuat beberapa negara Asia dan Afrika ingin juga lepas dari cengkeraman kolonialisme negara yang menjajah mereka.

Kita telah membahas seluruh negara yang menentukan sejarah dunia. Sejarah dunia akan berubah tanpa kehadiran 10 negara diatas dan kita patut bersyukur bahwa Indonesia ternyata adalah negara yang juga penting.