foto
Neil Armstrong. AP/The Huntsville TImes, Bob Gathany

Neil Armstrong Meninggal Dunia

TEMPO.COCincinnati – Astronot legendaris Amerika Serikat yang merupakan manusia pertama yang mendarat di bulan, Neil Armstrong, meninggal dunia di usia 82 tahun karena penyakit jantung, Minggu dini hari WIB. Awal Agustus ini ia sempat menjalani operasi untuk melancarkan pembuluh darah koronernya yang tersumbat.

“Kami sangat berduka untuk menyampaikan kabar bahwa Neil Armstrong telah meninggal dunia menyusul komplikasi yang berasal dari prosedur cardiovascular,” demikian bunyi pernyataan resmi keluarga Armstrong.  “Neil adalah suami, ayah, kakek, abang dan teman kami yang tercinta.

“Neil Armstrong juga seorang pahlawan Amerika yang selalu percaya dirinya hanya melakukan tugasnya. “Ia berbakti kepada negaranya dengan kebanggaan sebagai pilot pesawat tempur Angkatan Laut, pilot penguji, dan astronot.

“Meski berkabung atas kepergian seorang lelaki yang sangat baik, kami juga merayakan kehidupannya yang luar biasa dan berharap semua itu menjadi contoh bahwa anak-anak muda di seluruh dunia untuk bekerja keras dan membuat mimpi mereka menjadi kenyataan, untuk bersedia mengeksplor dan berusaha hingga batas maksimal, dan untuk berbakti demi sesuatu yang lebih besar daripada diri mereka sendiri.”

Armstrong menjadi buah bibir di seluruh dunia sejak ia menjejakkan kakinya di bulan pada 20 Juli 1969 dengan pesawat Apolo 11 dan ia terkenal dengan kata-kata “satu langkah kecil bagi seorang lelaki, satu langkah raksasa bagi umat manusia.”

Pada November 2011 lalu Armstrong bersama tiga astronot lainnya menerima Medali Emas Kongresional, penghargaan tertinggi bagi warga sipil Amerika Serikat. Sekitar 600 juta orang atau seperlima dari populasi dunia saat itu menyaksikan dan mendengarkan pendaratan pertama manusia di bulan.

Pendaratan di bulan itu menandai kemenangan AS atas Uni Soviet dalam Perang Dingin di luar angkasa yang dimulai pada 4 Oktober 1957 bersamaan dengan diluncurkannya satelit Sputnik 1 milik negara komunis itu.