Hewan-hewan tersebut bukanlah harimau, singa, beruang, buaya yang selama ini dianggap paling ditakuti dan mengancam jiwa manusia.kalajengking,scorpion(thinkstockphoto)Jumlah hewan yang membahayakan manusia di planet ini tentu tak terhitung jumlahnya. Namun, ada beberapa hewan yang paling mematikan tanpa Anda duga sebelumnya.
Hewan-hewan ini bukanlah harimau, singa, beruang, buaya yang selama ini dianggap paling ditakuti dan mengancam jiwa manusia. Berikut adalah lima hewan yang mengancam jiwa anda karena mematikan dengan taktik mereka yang “licik.” 1. Ubur-ubur KotakUkurannya sebesar bola sepak, memiliki 60 tentakel yang panjangnya masing-masing 4,5 meter. Setiap tentakel mengandung 5.000 sel penyengat dan racun yang mampu membunuh hingga 60 orang. Chironex fleckeri, Carukia barnesi, dan Malo kingi adalah tiga spesiesnya yang terkenal akan sengatan racun.
Menurut perkiraan U.S. National Science Foundation, 40 orang tewas oleh ubur-ubur kotak tiap tahunnya di Filipina. Meski tidak ada data resmi mengenai jumlah korban tewas, para ahli memperkirakan setiap tahun lebih dari 100 orang mati akibat sengatan dari berbagai macam jenis ubur-ubur di seluruh dunia.
2. Kobra Asiakobra,ular,binatang mematikan(thinkstockphoto)Kobra Asia bukanlah ular yang paling berbisa. Namun, dengan taktik siluman dan kelihaiannya mengelabui mangsa, menyebabkan ribuan orang tewas setiap tahunnya.
Menariknya, meski telah memakan korban ribuan di seluruh dunia, tidak ada data resmi mengenai gigitan ular ini. Hanya ada data menurut perkiraan yakni sekitar 20 ribu hingga 125 ribu orang. Korban terbanyak berada di Asia Selatan, Asia Tenggara, dan sub Sahara Afrika.
3. KalajengkingKalajengking biasanya berkeliaran pada malam hari. Hewan ini cenderung menggit manusia sebelum Anda melihatnya. Diperkirakan ada 25 spesies kalajengking yang mematikan. Sebanyak 3.250 orang per tahun telah mati dengan kasus 1,2 juta sengatan. Sebagian besar kematian terjadi di negara berkembang tropis.
4. Nyamuknyamuk,seranggaNyamuk (Mumun/Fotokita.net)Sejauh ini makhluk terkecil ini merupakan yang paling banyak membunuh manusia. Di dunia Barat, gigitan nyamuk biasanya hanya menimbulkan rasa gatal. Namun, Anda perlu waspada terhadap beberapa jenis nyamuk pembawa parasit dan menularkan penyakit malaria.
Memang tidak ada data akurat yang melaporkan kasus malaria, namun World Health Organization (WHO) memperkirakan pada tahun 2010 sebanyak 537.000 hingga 907.000 orang mati karenanya. Sebagian besar korban di Afrika adalah anak-anak di bawah usia 5 tahun.
5. Gajahgajah(thinkstockphoto)Tahukah Anda, gajah membunuh lebih dari 500 orang tiap tahunnya di seluruh dunia? Dengan bobot tubuh lebih dari satu ton, gajah tidak butuh banyak taktik. Cukup dengan sedikit injakan kaki dan tusukan gading tajam, gajah bisa mencabut nyawa manusia dengan mudah.


Sumber : http://nationalgeographic.co.id/berita/2012/07/5-hewan-yang-membunuh-dengan-taktik-licik