Sejak Laptop diluncurkan tahun 80-an, barang ini menjadi tren pengganti komputer karena mudah dibawa dan mudah disimpan. Tetapi karena barang ini termasuk barang yang mahal, Laptop sering tidak bisa dijangkau. Untuk membeli Laptop yang lebih terjangkau, kebanyakan orang membeli Laptop Seken atau bekas.
Agar dapat meningkatkan kenyamanan anda saat bermain Laptop, perlu diperhatikan aspek aspek berikut. Pertama, perhatikan kondisi fisik Laptop. Jangan sampai ada yang tergores, patah, retak, bekas tambalan, atau buka paksa. Buka mata anda lebar-lebar pada setiap sudut Laptop untuk mendapatkan Laptop yang Perfect.
Langkah selanjutnya adalah memeriksa layar dengan cara membersihkannya terlebih dahulu dan kemudian nyalakan. Gunakanlah desktop tanpa background dengan warna hitam dan perhatikan seksama di layar tersebut apakah ada titik-titik merah atau tidak. Jika ada, anda sudah mulai boleh curiga bahwa layar tersebut mengalami kerusakan, karena titik-titik merah tersebut merupakan tanda adanya dead pixel ( sebuah titik pada layar yang tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya ).
Lakukan uji coba pada hardware, antara lain mencoba floppy disk dan CD Rom apakah bisa membaca data atau tidak, cermati suara yang keluar untuk menguji soundcard, melakukan koneksi internet untuk modem, dan memindai hardisk untuk mengetahui kondisinya.
Juga tanyakan pada penjual apakah anda bisa mendapatkan CD driver atau CD restore yang berfungsi mengembalikan kondisi sistem operasi software dan aplikasi lain sama seperti laptop baru yang keluar dari pabriknya.  Kalau ada hal ini tentu akan menjadi nilai tambah, tapi kalau tidak tanyakan pada penjual driver apa saja yang digunakan. Demikian pula tanyakan ketersediaan suku cadang dari setiap pilihan merek, agar tidak susah mencari jika ada komponen yang rusak. 
Dari setiap banyaknya pilihan, pertimbangkanlah mana yang paling pas dengan kebutuhan anda sendiri. Juga mintalah garansi pada penjual demi kenyamanan anda. Terakhir bagi gamers, jangan lupa untuk mengecek Graphic Card dan juga Direct X-nya.