Sumber : http://www.articlesbase.com/team-building-articles/the-importance-of-teamwork-381813.html

Judul asli : The Importance of Teamwork
Oleh : Patricia Woloch
Diterjemahkan oleh : Daniel Lim

Tidak peduli di tempat kerja, lapangan futbol, ataupun member dari suatu komunitas, kerja sama yang efektif dapat menghasilkan hasil yang luar biasa. Namun, sukses bekerja sebagai tim tidak semudah yang dibayangkan. Kerjasama yang efektif sebenarnya tidak terjadi dengan sendirinya ; itu membutuhkan banyak kerja keras dan kompromi. Ada beberapa faktor yang harus ada di tempat untuk berpadu bersama sebagai tim dan kerja yang lancar.

  • Kepemimpinan yang baik : Kepemimpinan yang efektif adalah satu dari komponen terpenting daripada kerjasama. Pemimpin tim harus memiliki keterampilan untuk menciptakan dan memelihara lingkungan kerja yang positif dan memotivasi serta menginspirasi para anggota tim untuk mengambil pendekatan positif untuk bekerja dan semakin berkomitmen. Pemimpin tim yang efektif akan mempromosikan level yang tinggi daripada moral dan membuat mereka semakin didukung dan dihargai.
  • Komunikasi yang jelas : Komunikasi adalah faktor yang vital dari semua interaksi interpersonal dan yang terutama berasal dari tim. Anggota tim harus bisa mengartikulasikan perasaan mereka, mengungkapkan rencana dan tujuan, berbagi ide serta melihat sudut pandang satu sama lain.
  • Membangun peran : Hal ini jelas diperlukan bagi anggota tim untuk memahami apa peran mereka di tim, apa yang dia tanggung jawabkan. Pemimpin tim dapat memungkinkan ini dengan mendefinisikan tujuan secara jelas di awal pembentukan tim.
  • Resolusi Konflik : Konflik akan muncul tanpa peduli seberapa baik fungsi tim bersama-sama. Cara yang terbaik untuk mengatasi konflik ialah memiliki metode struktur resolusi konflik. Anggota tim harus bisa menyuarakan keprihatinan tanpa takut menyinggung perasaan orang lain. Ahli-ahli menghindari isu-isu konflik ialah pendekatan tangan untuk menyelesaikan masalah lebih baik. Hal ini sering disarankan bahwa pemimpin sebuah tim harus duduk dengan pihak yang bertikai dan membantu mengatasi perbedaan mereka tanpa memihak dan mencoba untuk tetap objektif jika mungkin.
  • Memberi contoh yang baik : Pemimpin tim harus memberi contoh yang baik untuk kerja sama tim yang baik untuk masa yang akan datang. Dalam tugas untuk menjaga anggota tim yang positif, berkomitmen, dan termotivasi, pemimpin tim sendiri harus untuk menunjukkan kualitas ini. Tim melihat ke arah pemimpin untuk didukung dan bimbingan daripada bagian pemimpin yang negatif yang dapat memungkinkan terjadinya bencana.

Terlepas dari jenis tipe penjualan apa yang anda masuk,anda mungkin suatu hari akan ditunjuk untuk menjadi bagian dan mengetahui bagaimana tim bekerja secara efektif dan bersama tim akan menjadi sangat penting untuk keberhasilan anda dan tim anda.