By : Daniel Lim

Zaman ini, game mulai menjadi salah satu kehidupan khayalak ramai. Pada saat tidak sibuk atau pada saat waktu luang, orang bisa mengeluarkan hp, laptop, atau tablet yang berisi game-game dari segala jenis. Tetapi karena game bisa menyebabkan kecanduan, para orangtua masa kini lebih memerhatikan keburukan game daripada keuntungannya memang game bisa menyebabkan kerugian tetapi seharusnya kita juga memikirkan keuntungan game. Berikut keuntungan bermain game.

  • Melatih saraf otak : Game-game berbasis petualangan, strategi, dan action dapat melatih saraf otak dimana kita dilatih cara mengatur sebuah pasukan, cara terbaik untuk cepat menang, dan cara agar bisa membunuh musuh dalam waktu sekejap. Kita dilatih untuk fokus kepada game sehingga daya ketelitian menjadi salah satu faktor penting. Bermain dapat membuat kita semakin teliti.
  • Meningkatkan sosialisasi : Pada game online, tersedia sebuah chat box untuk ngechat kepada sesama gamer online sehingga sosialisasi menjadi meningkat. Dengan chat box ini, gamer bisa berbicara kepada gamer lain untuk mengatur strategi atau sekedar berbincang-bincang. Tetapi hal ini bisa mengakibatkan hal buruk karena dapat terjadi ajakan-ajakan sesat yang tentu saja membuat moral gamer menjadi menurun.
  • Melatih kesabaran : Pernahkah anda mencoba level tersulit dari sebuah game ? Anda akan sering gagal dalam permainan karena tingkat kesulitannya. Bagi orang yang tidak sabar, pasti akan menutup konsolenya dan bilang “Akan kubeli game yang baru.” Atau lebih parah lagi, orang yang sangat sangat tidak sabar mungkin akan langsung membanting konsolenya. Saat bermain game dengan kesulitan yang sulit, kita dituntut untuk sabar sehingga bagi orang yang sudah masuk ke dalam game, mungkin akan terlihat sangat sabar.
  • Melatih kreativitas : Game kreativitas seperti merancang rumah, membuat kue sebagus mungkin, atau membuat pizza seenak mungkin dapat melatih kreativitas kita dimana kita diajar harus tetap kreatif dimanapun kita berada. Anda mungkin pernah bermain Harvest Moon. Game yang satu ini mengajarkan kita menanam tanaman, bersosialisasi dengan tetangga, mengatur kebun, sampai memelihara ternak. Game ini bisa meningkatkan skill kreativitas dimana kita harus sekreatif mungkin mengatur kebun kita.
  • Melatih rasa takut : Game-game horor seperti Amnesia : The Dark Descent, Silent Hill 4, atau Fatal Frame mampu membuat kita melatih rasa takut. Saat pertama kali bermain game seperti ini, anda mungkin merasa takut tetapi saat mulai terbiasa anda akan semakin percaya diri dan menjadi berani. Mungkin juga, saat anda selesai bermain game horor tersebut, anda mungkin akan menjadi suka menginvestigasi hal-hal berbau mistis dan saat anda bertemu mereka, anda akan berkata “BRING IT ON !!!!”

Meskipun hanya dijelaskan 5 diatas, game masih memiliki banyak keuntungan yang tersembunyi yang mungkin bisa anda cari tetapi ingat, jangan main game tanpa batas dan pilihlah waktu yang sesuai karena dimana ada kelebihan pasti ada kekurangan. Jadi, nikmatilah keuntungan bermain game dan jauhilah kerugian bermain game.