Seringkali kita merasakan kegagalan yang menimpa kita baik itu ujian, proyek, rancangan, dan lain sebagainya yang membuat kita menjadi berpikir “Ahh, nyerah dehh,” tetapi saya ingin menyakinkan anda pada artikel ini bahwa mustahil bisa sukses tanpa melalui kegagalan. Gagal bukan membuat kita jatuh melainkan membuat kita makin sukses. Lihat saja Thomas Alfa Edison, dia adalah ilmuwan terhebat, bukan ? Coba pikirkan berapa kali ia gagal dalam membuat bola lampu ? 1000 kali ia gagal, hebat bukan ? Tetapi mengapa ia akhirnya bisa membuat bola lampu yang sampai sekarang masih dinikmati umat manusia ? Ia sukses karena gagal, aneh bukan ?

Contoh lainnya ialah Wright Bersaudara. Mereka berdua berhasil menciptakan pesawat terbang pada tahun 1903. Tapi bayangkan berapa kali pesawat mereka jatuh ? Tidak bisa dibayangkan, mereka sudah gagal banyak sekali. Tetapi mengapa mereka sukses menciptakan pesawat terbang ? Satu kali lagi, mereka sukses karena gagal.

Albert Einstein, siapa sangak ilmuwan jenius ini ternyata pernah gagal. Ia pernah gagal dalam masalah teorinya, keluarganya, bahkan pada saat ia ditertawai ilmuwan lain. Tapi berkat Albert, kita semua mengetahui teori relativitas dan teori lain yang tentunya membuat zaman modern semakin berkembang.

Salah satu pendiri Google, Sergey Brin. Meskipun Google adalah proyek tersukses di dunia tapi Sergey Brin mengatakan bahwa banyak proyek yang ia kerjakan gagal. Dan dalam proses kegagalan itu, ia dan rekannya berhasil mendirikan Google.

4 contoh diatas sudah cukup menyakinkan. Apa inti dari kegagalan ? Kegagalan ialah suatu proses dimana kita diberi kesempatan untuk mempelajari kegagalan tersebut agar bisa menjadi kesuksesan. Kesuksesan tidak akan pernah ada tanpa kegagalan. Bila kegagalan datang, maka mungkin itu adalah awal dari kesuksesan. Jadi bila anda gagal, jangan langsung nyerah tetapi makin bersyukur dan bersyukur dan akhirnya anda akan mendapat kesuksesan yang gemilang. Jika anda terus berambisi sukses tanpa gagal, maka bersiap-siaplah agar anda tidak akan pernah sukses.Saya berharap setelah anda membaca artikel ini, anda akan meraih sukses yang besar.